Ban dan Roda  Komponen Utama Alat Transportasi

Ban dan Roda adalah komponen terpenting dari semua jenis transportasi terutama transportasi udara dan transportasi darat. Pesawat terbang tanpa roda tidak akan bisa mendarat. Begitu juga dengan mobil, mobil tanpa roda tidak akan bisa jalan.

Ketika teknologi mesin belum ditemukan, teknologi roda sudah ditemukan dan transportasi darat pertama dari kemunculan teknologi roda adalah adanya alat transportasi sepeda kayuh.

ban                   roda-berputar

Sejarah Penemuan Teknologi Ban dan Roda

Penemuan teknologi roda bukanlah hal yang tanpa perjuangan. Dalam proses penemuan teknologi ini terdapat bukti-bukti dimana sang inventor mengalami kegagalan berkali-kali.

Sampai akhirnya dapat menyempurnakan  roda yang kita lihat  sekarang ini.

Teknologi roda lebih dulu ditemukan tepatnya pada tahun 3000 sebelum masehi. Roda kayu telah digunakan oleh manusia untuk membuat gerobak agar bisa bergerak.

roda kayu

Penemu roda kayu sampai sekarang masih belum diketahui, karena tahun penemuannya yang sudah lama sekali. Mungkin tahun penemuannya sekitar jaman flintstone ya guys hihihi.

Dan setelah berabad-abad kemudian barulah ditemukan teknologi ban sebagai pelengkap dari teknologi roda.

Tepatnya tahun 1839 ada seorang pemuda berkebangsaan amerika yang menemukan teknologi ban. Pemuda tersebut bernama charles good year.

Teknologi ban yang ditemukan oleh charles goodyear merupakan teknologi ban yang terbuat dari karet.

Tak lama berselang teknologi ban karet milik charles goodyer ini disempurnakan oleh Dunlop dan Thomson 6 tahun kemudian tepatnya di tahun 1845.

charles-goodyear

Dunlop dan Thomson menyempurnakan teknologi ini dengan mengisinya menggunakan udara. Sampai akhirnya penemuan ini  menjadi komponen vital teknologi pembantu utama dari berbagai macam alat transportasi yang ada pada saat ini.

Sepeda, skuter, gerobak, dan dokar adalah contoh dari alat transportasi darat tanpa mesin yang tercipta dari teknologi ban karet berisi udara.

Tidak berhenti sampai disitu saja pesawat terbang, mobil, dan sepeda motor adalah contoh dari alat transportasi kombinasi antara roda, ban, dan mesin. Sebegitu canggihnya alat transportasi tidak akan lepas dari teknologi ban dan roda.

Ban dan Roda Pada Mobil

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih detail tentang roda dan ban yang ada pada mobil.  Sebagaimana kita ketahui bahwa terdapat 4 roda dan 4 ban yang ada pada mobil.

Teknologi  roda pada mobil juga mengalami perkembangan yang tidak kalah majunya dengan teknologi mesin pada mobil.

ban mobil kuning

Normalnya model dari roda  pada mobil terdiri dari roda besi, pelek, dan ban karet berisi angin. Namun seiring dengan perkembangan jaman, ban mobil menjadi bermacam-macam jenis.

Berikut kita akan membahas  jenis ban mobil yang lagi trend saat ini yaitu ban tanpa angin.

Ban tanpa angin

Bagaimana bentuknya?. Ada yang bisa membayangkan?.

Jika motor kita dalam keadaan ban kempes, dan dipaksa ngegas, pasti rusak semua. Motor akan mengalami kerusakan. Kita akan mengalami kecelakaan guys .  Kemungkinan besar kita tidak akan bisa menjaga keseimbangan.

Masih tidak percaya ada teknologi ini ? Yuk lanjut bacanya ya.

Teknologi ramah lingkungan memang telah menjadi trend di bidang otomotif ini. Dari
bahan bakar, onderdil, oli sampai ban pun mengarah ke penghematan energi.

Ban tanpa angin, sekilas terdengar tidak masuk akal, namun penemuan ini terjadi pada tahun 2011 oleh divisi riset dan development dari suatu perusahaan ternama di dunia dengan brand Br****stone (disensor ya mereknya kita belum dapat sponsor dari mereka soalnya hihihihi).

Selain mengurangi polusi emisi gas CO2 secara signifikan, benda ini juga dirakit menggunakan bahan daur ulang.

Pengertian dan Aplikasi

Ban Tanpa angin terbuat dari bahan baku utama karet elastis dan plastik yang solid, dan teknologi pantulan. Hal tersebut membuat kendaraan tetap melaju normal ketika melintasi jalan raya seperti menggunakan ban biasa.

Namun ketika melintasi kawasan bebatuan atau bergeronjal, sangatlah terasa mengayun lebih kencang tetapi dapat menyesuaikan dengan baik dan elastisitasnya sangat bagus. Berbeda dengan ban biasa yang cenderung pecah jika melewati daerah bebatuan.

Mobil yang menggunakan teknologi ini  kebanyakan adalah mobil khusus untuk kebutuhan di bidang tertentu. Bidang Industri yang menggunakan teknologi ini diantaranya adalah Militer dan Perkebunan. Berikut foto kendaraan yang menggunakan teknologi ini di berbagai bidang industri.

Gambar :

mesin pemotong rumput. machine cut grass  ban mobil traktor

car militer  bring brick with motorcycle

Mobil pribadi yang menggunakan teknologi ini juga sudah mulai ada walaupun produksinya hanya segelintir. Berikut adalah gambar salah satu prototype mobil kendaraan pribadi yang sudah menggunakan teknologi ini yang ada di pameran otomotif internasional.

mobil airless tyre car

Semoga mobil dengan ban tanpa angin yang digunakan untuk kebutuhan transportasi darat secara umum seperti prototype diatas dapat diproduksi secara masal.

Dampak Negatif

Ban Tanpa Angin atau Non pneumathic tire atau bahasa kerennya AIRLESS TIRES merupakan salah satu penemuan mutakhir di bidang otomotif karena mengubah secara keseluruhan industri otomotif ini.

Coba sekarang kita bayangkan kalau AIRLESS TIRES ini masuk ke Indonesia secara masal?.

Bisa pada demo semua nih tukang tambal ban dijalan-jalan. Trus pabrik paku penjualannnya juga berkurang.( lo apa hubungannya sama pabrik paku?) Inget gak sama kasus penebar paku di Jakarta yang sengaja nebarin paku supaya usaha tambalnya laris manis?.

Meskipun jenis kegiatannya negatif menebar paku di jalanan, tapi kan tetap perusahaan pakunya yang dirugikan (hhahhahhihihaha)

La yang paling baru, usaha jasa isi gas nitrogen bisa bangkrut semuanya hhahahha. Karena komponen dari ban tanpa angin ini  sangat kuat mengikis benda-benda tajam.

Gak ada lagi yang namanya  kempes, bocor,  kena beling,  serep sudah usang semuanya hehehehe.

airless tyres

Jika anda ingin membaca artikel ini lagi dikemudian hari,
silahkan untuk menghafal beberapa kata ini untuk anda
ketikkan di mesin pencari :

sejarah ban
jenis ban mobil
ban sepeda
roda dan ban
sejarah roda